Jl.Mangga Besar 13 Rt. 11 / o2 No. 05A. Jakarta Pusat Telp. 081368243985 / HP JUN 02197928850 atau PIN BB. 26BB8BDI

Kamis, 14 Juni 2012

SEJARAH BERDIRINYA GRUB NIRVANA


widgeo.net
Nirvana adalah band rock Amerika yang dibentuk oleh penyanyi / gitaris Kurt Cobain dan bassist Krist Novoselic di Aberdeen, Washington pada 1987. Dave Grohl bergabung dengan band ini pada tahun 1990.

Dengan lead single "Smells Like Teen Spirit" dari album kedua band Nevermind (1991), Nirvana masuk ke dalam arus utama, membawa bersama dengan itu subgenre dari rock alternatif yang disebut grunge. Band-band grunge Seattle lain seperti Alice in Chains, Pearl Jam, dan Soundgarden dan juga berbasis San Diego band Stone Temple Pilots juga telah mendapatkan popularitas, dan sebagai hasilnya, rock alternatif pada umumnya menjadi dominan genre musik di radio dan televisi di Amerika Serikat pada awal-ke-pertengahan 1990-an. Sebagai vokalis Nirvana, Kurt Cobain mendapati dirinya disebut di media sebagai "juru bicara dari generasi", dengan Nirvana yang "flagship band" Generasi X. Cobain merasa tidak nyaman dengan perhatian dan meletakkan fokus pada band musik , percaya band pesan dan visi artistik telah disalahtafsirkan oleh publik, menantang penonton band dengan ketiga album In Utero (1993).

Nirvana singkat berjalan berakhir dengan kematian Cobain pada bulan April 1994, tapi popularitas band ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 2002, "You Know You're Right", yang belum selesai demo dari band sesi rekaman terakhir, diatapi playlist radio di seluruh dunia. Sejak mereka debut, band ini telah terjual lebih dari dua puluh lima juta album di Amerika Serikat sendiri, dan lebih dari lima puluh juta di seluruh dunia.

ndapatkan popularitas, dan sebagai hasilnya, rock alternatif pada umumnya menjadi dominan genre musik di radio dan televisi di Amerika Serikat pada awal-ke-pertengahan 1990-an. Sebagai vokalis Nirvana, Kurt Cobain mendapati dirinya disebut di media sebagai "juru bicara dari generasi", dengan Nirvana yang "flagship band" Generasi X. Cobain merasa tidak nyaman dengan perhatian dan meletakkan fokus pada band musik , percaya band pesan dan visi artistik telah disalahtafsirkan oleh publik, menantang penonton band dengan ketiga album In Utero (1993).

Nirvana singkat berjalan berakhir dengan kematian Cobain pada bulan April 1994, tapi popularitas band ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 2002, "You Know You're Right", yang belum selesai demo dari band sesi rekaman terakhir, diatapi playlist radio di seluruh dunia. Sejak mereka debut, band ini telah terjual lebih dari dua puluh lima juta album di Amerika Serikat sendiri, dan lebih dari lima puluh juta di seluruh dunia.


Sejarah band Nirvana

Cobain dan Novoselic bertemu pada tahun 1985. Keduanya fans dari Melvins, dan sering mengunjungi ruang praktik band. Setelah dimulai pada pembentukan band mereka sendiri, duet merekrut drumer Aaron Burckhard, menciptakan inkarnasi pertama dari apa yang pada akhirnya akan menjadi Nirvana, tapi Aaron Buckland dipecat. Setelah pergantian drummer, akhirnya Dave Grohl masuk ke band itu

Awal Sukses

Nirvana memutuskan untuk mencari kesepakatan dengan label rekaman besar. Setelah mengulangi rekomendasi oleh Sonic Youth's Kim Gordon, Nirvana menandatangani kontrak dengan DGC Records pada 1990.

Awalnya, DGC Records berharap untuk menjual 250.000 salinan Nevermind. Namun, album single pertamanya "Smells Like Teen Spirit" dengan cepat mendapatkan momentum, sebagian berkat signifikan sering diputar dari lagu video musik di MTV. Ketika mereka melakukan tur Eropa pada akhir 1991, band ini menemukan bahwa sangat mengancam oversold menunjukkan, bahwa awak televisi menjadi kehadiran yang konstan di atas panggung, dan bahwa "Smells Like Teen Spirit" hampir di mana-mana di radio dan televisi musik. Oleh Natal 1991, Nevermind menjual 400.000 salinan per minggu di Amerika Serikat. Pada tanggal 11 Januari 1992, album ini mencapai nomor satu di tangga album Billboard, menggusur Michael Jackson's album Dangerous. Album ini juga menduduki puncak tangga lagu di berbagai negara di seluruh dunia.

Pada bulan Februari 1992, Cobain menikah dengan Courtney Love. Love melahirkan seorang putri, Frances Bean Cobain, berikut Agustus. Mengutip kelelahan, band ini memutuskan untuk tidak melakukan tur AS lain dalam mendukung Nevermind, bukan hanya memilih untuk membuat beberapa pertunjukan akhir tahun itu. Hanya beberapa hari setelah kelahiran Frances Bean, Nirvana dilakukan salah satu konser paling terkenal, headlining di Reading Festival di Inggris. Di tengah desas-desus tentang kesehatan Cobain dan band kemungkinan putus, Cobain memasuki tahap kursi roda sebagai lelucon, lalu mulai bangkit dan bergabung dengan sisa band merobek melalui berbagai macam materi lama dan baru. Dave Grohl terkait pada tahun 2005 di program radio Loveline bahwa band benar-benar prihatin sebelumnya bahwa acara ini akan menjadi bencana yang lengkap, mengingat semua yang telah terjadi pada bulan-bulan menjelang acara. Sebaliknya, kinerja berakhir menjadi salah satu yang paling mengesankan karir mereka.

Kurang dari dua minggu kemudian, Nirvana tampil di MTV Video Music Awards. Selama latihan pertama untuk pertunjukan, Cobain mengumumkan bahwa mereka akan memainkan lagu baru selama siaran, dan band berlatih "Rape Me". Eksekutif MTV terkejut oleh lagu, dan, menurut produser menunjukkan Amy Finnerty, para eksekutif percaya bahwa lagu itu tentang mereka. Mereka bersikeras bahwa band ini tidak bisa bermain "Rape Me", bahkan mengancam akan melempar Nirvana dari acara dan berhenti menayangkan video mereka sepenuhnya. Setelah serangkaian diskusi yang intens, MTV dan Nirvana sepakat bahwa band ini akan bermain "Lithium", single terbaru mereka. Ketika band ini mulai kinerja mereka, Cobain memetik dan menyanyikan beberapa bar pertama dari "Rape Me", untuk terakhir tusukan di MTV's eksekutif, sebelum pecah menjadi "Lithium". Mendekati akhir lagu, frustrasi bahwa amp telah berhenti berfungsi, Novoselic memutuskan untuk melemparkan bass-nya ke udara untuk efek dramatis. Dia salah menilai pendaratan, dan bass akhirnya memantul dahi, menyebabkan dia tersandung dari tahap linglung. Sebagai Cobain menghancurkan peralatan mereka, Grohl berlari ke mic dan mulai berteriak "Hai, Axl!" berulang kali, mengacu pada Guns N 'Roses penyanyi Axl Rose, dengan siapa band dan Courtney punya aneh dan suka berperang pertemuan sebelum acara.

In Utero

Untuk 1993's In Utero, band ini membawa produser Steve Albini, terkenal karena karyanya pada album Pixies Surfer Rosa. Seperti Nevermind telah membawa penonton yang baru pendengar yang sedikit atau tidak ada pengalaman dengan alternatif, menyamarkan, atau eksperimental band Nirvana lihat sebagai nenek moyang mereka, membawa Albini tampak seperti disengaja Nirvana bergerak di bagian untuk memberikan album mentah, suara kurang dipoles. Sebagai contoh, satu lagu di Utero menampilkan Dalam periode panjang melengking umpan balik suara itu berjudul, ironisnya, "Radio Friendly Unit Shifter" (dalam industri, sebuah "radio friendly unit shifter" menggambarkan "ideal" album: yang mampu berat radio bermain dan akhirnya menjual banyak salinan, atau "unit"). Namun, Cobain bersikeras bahwa sound Album ini hanyalah salah satu yang selalu ingin Nirwana memiliki: sebuah "alami" tanpa lapisan perekaman studio tipuan. Sesi dengan Album ini terutama yang produktif dan cepat, dan album direkam dan dicampur dalam dua minggu dengan biaya 25.000 dolar di Studio binatang yg berkulit tebal di Cannon Falls, Minnesota.

Kematian Cobain
Pada bulan November 1993, Nirvana bermain di MTV Unplugged. Band memilih untuk tinggal jauh dari lagu-lagu mereka yang paling dikenali, bermain hanya dua hit mereka, "All Apologies" dan "Come As You Are". Grohl kemudian terkait, "Kami tahu bahwa kami tidak ingin melakukan versi akustik Teen Roh. Itu pasti sudah sangat bodoh." The Setlist juga termasuk beberapa relatif tidak jelas meliputi, dengan anggota Meat Puppets bergabung dengan band untuk sampul tiga lagu mereka. Sementara latihan untuk acara itu sudah bermasalah, MTV Unplugged produser Alex Coletti dicatat bahwa rekaman sebenarnya berjalan sangat baik, dengan setiap lagu yang dilakukan dalam satu mengambil dan dengan satu set lengkap yang berlangsung kurang dari satu jam, dimana keduanya tidak biasa untuk sesi Unplugged. Setelah band set-akhir kinerja Lead Belly's "Where Did You Sleep Last Night", Coletti mencoba meyakinkan band untuk melakukan encore. "Kurt berkata, 'Aku tidak bisa atas lagu terakhir itu." Dan ketika dia mengatakan bahwa, saya mundur. "Karena aku tahu dia benar." performa band memulai debutnya di MTV pada 14 Desember 1993.

Pada awal 1994, band ini memulai tur Eropa. Setelah berhenti di Terminal tur eins di Munich, Jerman, pada 1 Maret, Cobain didiagnosa menderita bronkitis dan radang tenggorokan parah. Pada malam berikutnya pertunjukan, di tempat yang sama, dibatalkan. Di Roma, pada pagi hari tanggal 4 Maret Love ditemukan Cobain tak sadarkan diri di kamar hotel mereka dan ia dilarikan ke rumah sakit. Seorang dokter dari rumah sakit mengatakan kepada konferensi pers bahwa Cobain telah bereaksi terhadap kombinasi resep Rohypnol dan alkohol. Sisanya tour itu dibatalkan, termasuk kaki yang direncanakan di Inggris.

Pada minggu-minggu berikutnya, kecanduan heroin Cobain muncul kembali. Intervensi diselenggarakan, dan Cobain yakin mengakui dirinya ke rehabilitasi narkoba. Setelah kurang dari satu minggu di rehabilitasi, Cobain memanjat dinding fasilitas dan naik pesawat kembali ke Seattle. Seminggu kemudian, pada Jumat, April 8, 1994, Cobain ditemukan mati dari yang tampaknya ditimbulkan diri senapan luka kepala di rumah Seattle, Nirvana akhirnya bubar

Akibat
Tidak lama setelah kematian Cobain, Grohl mencatat serangkaian demo yang akhirnya menjadi album pertama untuk Foo Fighters. Foo Fighters Grohl menjadi proyek utama, melepaskan beberapa catatan yang sukses secara komersial pada dekade berikutnya.

Novoselic membentuk Sweet 75. Dia juga tampil dalam satu kali band bernama No WTO Combo dengan Kim Thayil Soundgarden dan Jello Biafra dari Dead Kennedys yang bertepatan dengan Pertemuan WTO 1999. Pada Desember 2006, Novoselic digantikan Bruno DeSmartas pemain bas di band Flipper untuk Inggris / Irlandia tur dan beberapa US menunjukkan. Novoselic juga menjadi seorang aktivis politik, mendirikan komite aksi politik musisi JAMPAC untuk mendukung hak-hak. Pada tahun 2004, ia merilis buku berjudul Of Grunge and Government: Let's Fix Broken ini Demokrasi, yang menutupi musiknya masa lalu serta upaya politiknya.

Band members

* Kurt Cobain – vocals, guitar (1987–1994)
* Krist Novoselic – bass guitar (1987–1994)
* Dave Grohl – drums, backing vocals (1990–1994)
Former members

* Aaron Burckhard – drums (1987–1988)
* Dale Crover – drums (1988, 1990)
* Dave Foster – drums (1988)
* Chad Channing – drums (1988–1990)
* Dan Peters – drums (1990)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar